Wednesday, November 29, 2017

Manfaat Luar biasa Rutin Olahraga di Pagi hari

https://olahragapa9i.blogspot.com/
Berbeda dengan sprint atau lari cepat yang dapat membuat tubuh cepat lelah, nyeri otot bahkan cedera, pada olahraga Jogging relatif suasana menjadi lebih santai dan menyenangkan dan dapat menjadi lebih menyenangkan apabila kita melakukan jogging bersama dengan teman-teman.


Waktu yang sangat diutamakan untuk melakukan jogging yaitu pada pagi hari, tetapi boleh juga sebenarnya jongging pada sore hari.

Ada cukup banyak manfat dari melakukan jogging, yang jelas setelah jogging tubuh akan terasa lebih fresh atau segar seperti halnya setelah melakukan olahraga lainnya.

Kamu dapat melakukan Jogging di taman, jalan dekat rumah, atau juga pantai jika tinggal di pesisir pantai.

Adapun aktifitas Jogging paling baik dilakukan ketika menjelang matahari terbit sehingga tubuh akan terkena hangatnya sinar matahari.

Manfaat rajin melakukan olahraga jogging

Rutinitas Jogging dapat dilakukan selama 20-30 menit setiap harinya, tergantung dari kondisi tubuh dan juga waktu luang yang dimiliki (tetapi jangan berlebihan juga).

Berikut di bawah ini manfaat dari rutin melakukan olahraga jogging:

1. Menurunkan berat badan

Tidak disangkal lagi bahwa rajin jogging sangat membantu untuk cepat tercapainya program penurunan berat badan (diet) pada seseorang. Karena jogging akan meningkatkan metabolisme dan akan membakar kalori dengan cepat.

Jogging membakar lemak di dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi lemak berlebih, utamanya di perut, pinggul dan pinggang (bahkan sebagian besar menargetkan mengatasi lemak di perut).

Alhasil, memberikan manfaat untuk menurunkan berat badan. Dengan melakukan jogging juga memberikan manfaat bentuk tubuh yang lebih langsing dan juga terlihat padat.

Jika Kamu telah berusaha sangat keras menyingkirkan lemak perut, tetapi tidak berhasil, maka Kamu harus mencoba olahraga joging ini secara rutin...

...karena jogging merupakan latihan pembakaran lemak yang sangat baik. Ketika melakukan jogging, kalori dalam tubuh di bakar lebih cepat 2 kali lipat di bandingkan hanya dengan berjalan kaki.

2. Meningkatkan Stamina

Rajin olahraga jogging mampu meningkatkan stamina tubuh, serta berdampak positif dalam kehidupan sehari-hari.

Peneliti yang berasal dari Universitas Georgia di tahun 2008 pernah melakukan penelitian bahwa orang yang rajin melakukan jogging akan mengalami peningkatan level energi hingga 65 persen.

Sehingga, jogging juga sangat baik untuk orang yang sering mengalami lesu karena pekerjaaan, sehingga nantinya tubuh dapat kembali fresh, fit dan bersemangat.

3. Menurunkan resiko penyakit

Dengan melakukan Jogging, maka dapat meningkatkan kekebalan tubuh, artinya tubuh Kamu dapat lebih terlindung dari serangan penyakit sehingga tidak mudah sakit.

Jogging membantu untuk menurunkan resiko penyakit seperti kanker, stroke jantung, hipertensi, diabetes, osteoporosis, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan melakukan jogging, akan memperkuat jantung sekaligus menjaga tekanan darah, sehingga meminimalkan terjadinya serangan jantung .

Kemudian, paru-paru juga akan  menjadi kuat, membuat tubuh mampu menghirup oksigen dengan lebih baik lagi. Yang manfaatnya, meningkatkan kapasitas darah untuk mengangkut lebih banyak nutrisi penting ke seluruh organ tubuh.

4. Membuang stres dan membuat bahagia

Rajin olahraga jogging dapat menjaga mood yang baik. Karema, umumnya rasa bahagia bisa muncul dengan sering melakukan olahraga. Selain itu dapat menghilangkan kepenatan dari sebuah pekerjaan panjang yang membuat jenuh.

Jogging akan memberikan rasa nyaman dan tenang dalam pikiran, yang mumbuat kita terhindar dari stress. Apalagi jogging bisa dilakukan bersama-sama maka lebih menyenangkan, yang sangat baik untuk kondisi psikologis kita, dan menjaga mood tetap baik sepanjang hari.

Sehingga, jogging dapat Kamu manfaat untuk menghilangkan kepenatan yang sangat terasa, dengannya tubuh akan menikmati olahraga ini sambil menghirup udara segar.

Saat jogging, tubuh memproduksi hormon yang disebut endorfin. Hormon inilah yang memberikan rasa bahagia sehingga membantu menghilangkan stres.

5. Memperbaiki nafsu makan

Dengan melakukan olahraga maka metabolisme tubuh akan bekerja semakin baik dan meningkat, hal ini memberikan manfaat untuk meningkatkan nafsu makan.

Karena memang biasanya setelah olahraga, akan muncul keinginan untuk makan. Tetapi yang perlu diingat, jangan berlebihan dalam makan.

Untuk itu jogging dapat Kamu manfaatkan dalam rangka mengatasi masalah nafsu makan rendah.

6. Melawan penuaan.

Manusia seiring dengan bertambahnya usia, maka kepadatan otot dan tulang akan berkurang.

Dengan rajin olahraga jogging, maka setidaknya dapat membantu untuk mengurangi resiko penuaan yang terlalu cepat. dan kesehatan tulang akan terjaga.

Selain itu juga dapat membuat kulit menjadi terlihat lebih cerah, karena aliran darah yang dapat berjalan dengan lancar.a