Saturday, July 29, 2017

10 Olahraga Ringan Yang Dianjurkan di Pagi Hari

https://olahragapa9i.blogspot.com/
Olahraga merupakan salah satu faktor penting menjaga kesehatan. Bukti ilmiah menyebutkan, intensitas sedang minimal 30 menit setiap hari secara teratur dapat menurunkan risiko berbagai penyakit.
Dan kebanyakan aktivitas olahraga yang dianjurkan adalah di pagi hari. Berikut 10 olahraga di pagi hari sebelum beraktivitas menurut ilmuwan terkenal dunia.

1.Jalan Kaki 

Jalan kaki merupakan salah satu olahraga murah, ringan, serta memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jalan kaki baik untuk kesehatan jantung, menurunkan kolesterol, mencegah diabetes, menurunkan berat badan, serta mencegah osteoporosis. Banyak yang menggemari jenis olahraga ini karena sangat mudah untuk dilakukan. 

2.Jogging 

Jogging juga merupakan salah satu pilihan tepat untuk Anda yang ingin berolahraga murah meriah. Anda hanya memerlukan sepatu olahraga untuk melakukan olahraga ini. Meski tergolong murah dan mudah dilakukan namun tetap jogging memiliki banyak manfaat, di antaranya untuk kesehatan tulang, otot, jantung dan paru-paru. 

3.Bersepeda 

Selain berolahraga, bersepeda juga bisa menjadi salah satu hobi menyenangkan. Bersepeda santai di pagi hari sebelum melakukan aktivitas dapat membantu menyegarkan pikiran jiwa dan raga. Bersepeda juga dapat membantu mengurangi kadar stress karena berfungsi pula sebagai sarana rekreasi. 

4.Senam Aerobik 

Senam aerobik merupakan salah satu olahraga yang dapat dilakukan di rumah baik secara individu ataupun bersamasama. Salah satu manfaat aerobik adalah tubuh dapat melepaskan hormon endorphin yang berperan sebagai pereda nyeri alami, membuat hati gembira dan meningkatkan mood 

5.Push Up 

Push up merupakan salah satu olahraga untuk membentuk otot-otot tubuh mulai dari otot tangan (Bisep dan Trisep), otot perut, otot dada, otot jantung, dan lain sebagainya. Push up juga dapat membentuk perut menjadi six-pack, memperbaiki postur tubuh, dan membentuk massa otot lengan. 

6.Angkat Beban 

Jika mempunyai waktu luang yang cukup untuk berolahraga sebelum beraktivitas, Anda dapat melakukan olahraga angkat beban di klub olahraga. Atau bisa juga dengan membeli barbel sehingga dapat melakukan olahraga angkat beban ini di rumah. Angkat beban merupakan olahraga untuk melatih kekuatan otot tangan dan dapat membuat jantung sehat. 

7.Skipping/ lompat tali 

Skipping sangat mudah dilakukan dan tidak perlu memakan waktu lama untuk melakukannya. Olahraga murah meriah ini mempunyai banyak manfaat, antara lain: membakar kalori, melatih berbagai otot dalam tubuh, menurunkan berat badan, meningkatkan stamina tubuh, serta melatih keseimbangan tubuh. Olahraga lompat tali juga dapat membuat otak bekerja cepat. 

8.Naik Turun Tangga 

Naik turun tangga juga menjadi salah satu cara menyehatkan tubuh Anda. Dengan menaiki dan turun tangga, tubuh akan terus bergerak. Pun kegiatan itu sekaligus juga melatih otot paha dan kaki. Naik turun tangga dapat menurunkan berat badan dan memperkuat jantung. 

9.Yoga 

Yoga merupakan olahraga yang meliputi meditasi, pengaturan pernapasan, latihan fisik dan postur tubuh. Aspek-aspek dari fokus yoga adalah latihan kekuatan otot, ketahanan otot dan fleksibilitas atau kelenturan. Manfaat dari olahraga yoga antara lain: kelenturan tubuh, dapat memperbaiki postur tubuh, serta dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi dan daya ingat. 

10.Treadmill 

Treadmill dapat dilakukan sebelum beraktivitas baik itu di rumah maupun di tempat fitnes. Treadmill memiliki manfaat seperti meningkatkan kecerdasan, menurunkan berat badan, memonitor kesehatan, meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan paru-paru, serta membentuk tubuh ideal.