Wednesday, November 29, 2017

Makanan dan Olahraga yang Sesuai Golongan Darah

https://manfaatbuah-bagitubuh.blogspot.com/
Peter J. D’Adamo, seorang dokter naturopati mengklaim bahwa pada masing-masing orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda berdasarkan golongan darah.

Dimana golongan darah bisa menuntun seseorang untuk mengonsumsi dan menghindari jenis makanan tertentu. Apabila makanan yang dikonsumsi cocok dengan golongan darah, akan bermanfaat untuk meningkat energi tubuh, mencegah penyakit, dan mengurangi berat badan.

Apabila makanan yang dikonsumsi tidak “cocok” dengan jenis golongan darah dapat menyebabkan dampak buruk seperti mudah lelah hingga masalah berat badan yang tidak baik.

#Golongan darah A
Menurut D’Adamo, seorang bertipe darah ini cenderung lebih cocok mengonsumsi banyak jenis sayuran organik. Hal itu disebabkan karena golongan darah A miskin asam lambung untuk mencerna daging.

Golongan darah A memiliki kelemahan dari sisi asam lambung yang kurang optimal (dibandingkan tipa gol darah lainnya) dalam mencerna daging.

Makanan yang cukup disarankan untuk dikonsumsi yaitu asupan diet protein nabati dengan kacang, kedelai, legumes, dan karbohidrat kompleks.

Orang dengan golongan darah A ditekankan aan lebih dianjurkan untuk seringseing konsumsi produk kacang kedelai, kacang-kacangan, biji-bijian, beras, sayur-sayuran, buah-buahan dan porsi kecil untuk ikan laut.

Akan tetapi jangan salah sangka, pemiliki golongan darah A juga boleh-boleh saja untuk menkonsumsi daging, seperti daging kambing, sapi, ayam, bebek dll, hanya saja harus dibatasi (mutlak jangan berleihan).

#Golongan darah B 
Golongan darah B punya sistem pencernaan yang toleran terhadap jenis daging kambing, kelinci, dan daging rusa, akan tetapi tetap saja penting untuk diimbangi dengan asupan sayur-sayuran, jagung, gandum, tomat, kacang tanah, dan biji wijen.

Sebaiknya orang-orang dengan golongan darah B menghindari konsumsi ayam, karena memiliki kandungan lektin dalam jaringan otot yang dapat menimbulkan reaksi kurang baik terhadap golongan darah mereka.

Tidak seperti golongan darah O dan A, tipe golongan darah B akan sangat baik sering mengonsumsi produk susu. Akan tetapi kurang baik apabila terlalu banyak konsumsi makanan seperti biji-bijian, beras, kacang-kacangan.

Adapun saran dari Adamo ialah mengkonsumsi banyak sayuran, serta pilih beberapa jenis daging yang lain seperti kelinci, daging rusa, daging kambing, dll.

#Golongan darah AB
Pemilik golongan darah dengan tipe AB ini cukup langka. Di negara Amerika Serikat hanya sekitar 5% warganya yang memiliki golongan darah AB.

Tipe golongan darah ini memiliki saluran pencernaan tubuh yang sensitif. Orang dengan tipe golongan darah AB harus seimbang dalam konsumsi sayur-sayuran, daging dan produk susu.

Orang dengan tipe golongan darah AB ini dianjurkan untuk mengonsumsi makanan berprotein tinggi seperti makanan laut, gandum, dan sayuran.

Adamo menjelaskan bahwa golongan darah AB memiliki kadar asam lambung yang kurang optimal untuk mencerna daging, namun yang disarankan adalah konsumsi ikan.

Sehingga menurut Adamo, pemilik golongan darah AB sangat tepat bila mengkonsumsi sayuran hijau, susu yang rendah lemak dan ikan laut.

#Golongan darah O
Orang dengan jenis golongan darah O jumlahnya paling banyak dibandingkan dengan jenis golongan darah lainnya. Warga Amerika, sekitar 45% mempunyai golongan darah O.

Menurut D’Adamo, pemilik golongan darah untuk mengonsumsi daging kaya akan kandungan protein tinggi. Orang yang memiliki golongan darah O, memiliki lebih banyak asam lambung dibandingkan golongan darah lainnya, sehingga lebih mampu dalam mencerna daging yang dikonsumsi.

Anda pemiliki golongan darah tipe O, dapat mengkonsumsi daging, unggas, ikan dan aneka ragam buah-buahan dan sayur-sayuran.

Anda juga dapat konsumsi beras, biji-bijian dan kacang-kacangan, tetapi konsumsi produk susu perlu dibatasi bagi pemilik golongan darah O.

Disamping itu, walaupun hal yang bagus konsumsi daging merah bagi orang yang memiliki gol darah O, tetapi tetap dibatasi, seperti daging kambing, sapi dll yang perlu dibatasi.

Olahraga yang cocok
Selain makan-makanan yang sehat, kita juga dituntut untuk melakukan aktivitas olahraga, dan tampaknya pada setiap jenis golongan darah, terdapat bentuk olahraga yang cocok pada masing-masingnya.

Untuk pemilik tipe golongan darah O, disarankan untuk berolah raga yang menguras tenaga seperti aerobics, berlari-lari jogging atau bahkan lari cepat bahkan marathon.

Untuk orang dengan tipe golongan darah A lebih cocok dengan bentuk olahraga yang lebih kalem (tetapi dengan durasi lebih lama), seperti berjalan kaki, senam dan semacamnya.

Untuk orang dengan tipe golongan darah B disarankan melakukan olah raga yang moderat, misalnya mendaki gunung, bersepeda, dsb.

Untuk orang dengan tipe golongan darah AB, maka bentuk olahraganya kurang lebih sama dengan tipe golongan darah A.